Jumat, 21 Oktober 2011

Sungai Gangga, Sungai Suci dan Banyak Mayat

Setelah melihat briptu norman yang fenomenal lewat lagu India, kuro jadi tertarik buat googling tentang India. Setelah beberapa saat googling, kuro menemukan tentang Sungai Gangga yang disucikan oleh umat Hindu.
Sungai Gangga berasal dari kata Gangga (Sanskerta dan Hindi: गंगा ; Gaṅgā) atau Ganges (ejaan orang barat) adalah nama seorang Dewi dalam agama Hindu yang dipuja sebagaidewi kesuburan dan pembersih segala dosa dengan air suci yang dicurahkannya. Ia juga merupakan Dewi sungai suci Sungai Gangga di India. Dewi Gangga sering dilukiskan sebagai wanita cantik yang mencurahkan air di dalam guci. Umat Hindu percaya bahwa jika mandi di sungai Gangga pada saat yang tepat akan memperoleh pengampunan dosa dan memudahkan seseorang untuk mendapat keselamatan. Banyak orang percaya bahwa hasil tersebut didapatkan dengan mandi di sungai Gangga sewaktu-waktu.
Meskipun kondisi Sungai Gangga yang keruh,  sungai Gangga tetap dianggap suci oleh Umat Hindu. Air keruh dari sungai Gangga ini didapatkan dari hasil pembakaran jenasah yang dihanyutkan. Terkadang, bangkai manusia dapat ditemukan di Sungai Gangga.  Umat Hindu di India, yang mampu dan bertempat tinggal di sekitar Sungai Gangga, dapat melakukan pembakaran mayat dengan sempurna. Tetapi bagi yang tidak mampu, dapat  membakar mayat hanya sampai habis kayu api yang dapat disediakan. Sedangkan tulang-tulang yang belum menjadi abu, dibuang begitu saja ke sungai tersebut. Malahan pada saat terjadinya wabah, yang banyak menimbulkan kematian, sehingga tidak mungkin mempu membakarnya, maka mayat-mayat itu dihanyutkan begitu saja ke Sungai Gangga. Pada saat seperti inilah, pamandangan di Sungai Gangga, yang penuh dengan bangkai bergelimpangan itu sangat mejijikkan dan mengerikan. Selain untuk tempat penghanyutan abu jenasah atau jenasah, sungai Gangga sehari-hari juga dipakai untuk MCK, dan untuk air minum.
Berikut beberapa foto yang kuro dapatkan dari Mbah GOOGLE tentang kehidupan sungai Gangga, India.
Lokasi Sungai Gangga
Lokasi Sungai Gangga (sumber:deltas.usgs.gov)
Mandi di Sungai Gangga
Mandi di Sungai Gangga (sumber: tubstravels.com)
Kremasi di Sungai Gangga
Kremasi di Sungai Gangga






Tidak ada komentar:

Posting Komentar